06 April 2010

Galeri 1 : Perkenalan Batik Girilayu

Desa Girilayu adalah sentra pembatikan di wilayah Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Batik yang dihasilkan di sini adalah batik halus kualitas tinggi yang melalui pencantingan oleh perajin yang telah turun temurun mengerjakan batik sejak zaman Kerajaan Mangkunegaran sehingga sudah teruji kualitasnya.


Di Desa Girilayu kita dapat memesan berbagai macam motif cantingan baik berupa motif-motif tradisi seperti Wahyu Tumurun, maupun motif pengembangan yang dapat disesuaikan dengan keinginan kita. Selain itu terdapat motif-motif pengembangan yang dilakukan oleh perajin setempat yang memadukan antara motif satu dengan lain, dengan tetap menonjolkan sisi tradisinya. Koperasi yang mewadahi pembatik di Girilayu ini adalah Koperasi Wahyu Sari yang diketuai oleh Nyonya Daryono.


Walaupun kebanyakan pekerjaan membatik sekarang ini masih merupakan pekerjaan sampingan, tapi pengerjaannya dilakukan dengan sepenuh hati sehingga kualitasnya tetap terjamin dengan baik.


Untuk mengetahui corak-corak batik ketika masih berupa cantingan, silahkan ikuti link berikut ini: Galeri Cantingan Batik
Untuk mengetahui motif batik di Girilayu, silahkan ikuti link berikut ini: Galeri Motif Batik Girilayu 1
Motif batik di Girilayu bagian kedua silahkan ikuti link ini: Galeri Motif Batik Girilayu 2

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Di sini:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More